Mulai 8 April 2018, Layanan Uber Ditutup. Pengemudi Dan Penumpang Diminta Beralih ke Grab

Diposting pada 5.143 views
Uber bergabung dengan Grab. Layanan Uber siap tutup mulai April 2018
Uber bergabung dengan Grab. Layanan Uber siap tutup mulai April 2018

Kabar mengejutkan datang di akhir bulan Maret 2018 ini. Tepat 26 Maret 2018 di Singapura, Uber dan Grab menandatangani persetujuan pengalihan operasional Uber di Asia Tenggara kepada Grab. Kabarnya, tak sampai pertengahan bulan April 2018, layanan Uber akan ditutup di seluruh negara di Asia Tenggara termasuk di Indonesia.

Persetujuan ini tentu saja mengejutkan banyak pihak termasuk mitra pengemudi Uber, serta pengguna (penumpang) layanan taksi online dan ojek online asal Amerika tersebut.

Dampak Uber Bergabung Dengan Grab

Dari berita yang kami peroleh, untuk mengantisipasi dampak baik bagi mitra pengemudi dan penumpang Uber, pihak Grab dan Uber akan melakukan masa transisi secara bertahap selama 2 pekan sejak akhir maret hingga minggu pertama April 2018.

Aplikasi Uber (baik Uber Driver maupun Penumpang), masih bisa digunakan hingga 8 April 2018. Semua orderan masih bisa dilakukan penumpang dan diterima mitra pengemudi seperti biasa. Namun, pengguna akan diminta untuk berpindah menggunakan aplikasi Grab sebagai pengganti Uber nantinya.

Begitu pula dengan driver Uber aktif, seluruhnya akan dijadikan mitra pengemudi Grab (UberX ke GrabCar dan UberMotor ke GrabBike). Namun proses perpindahan pengemudi Uber ke Grab ini memerlukan upaya oleh mitra Uber untuk mendaftar. Artinya perpindahan akun Uber ke Grab tidak terjadi otomatis, tapi perlu pendaftaran dan verifikasi dari mitra Uber. Proses ini akan sedikit lebih mudah ketimbang mendaftar Grab tanpa akun Uber aktif.

Seluruh pendaftaran mitra baru Uber, per 26 April tidak akan dilayani di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara. Sementara itu, Grab juga akan membatasi pendaftaran mitra baru pengemudi karena akan meprioritaskan mitra Uber yang pindah ke Grab.

Mengenai rincian cara mitra Uber pindah ke Grab selama proses transisi ini, silakan baca salah satu panduan daftar ulang ke Grab di bawah ini. Selain itu, mitra Uber akan mendapat notifikasi sms atau email tentang rincian cara migrasi tersebut dari Uber.

Gambar Gravatar
Mitradriver.com adalah portal berbagi informasi bagi para driver online. Situs ini BUKAN SITUS RESMI Uber, Grab atau pun Gojek / Go-Car. Mari berbagi info di sini. Untuk keluhan, silakan hubungi langsung pihak terkait. Terima kasih