Cara Mengatasi Akun Uber Driver Kena Suspend

Pemberitahuan

Uber dan Grab melakukan persetujuan untuk mengalihkan seluruh layanan Uber di Asia Tenggara (termasuk Indonesia) kepada Grab. Sehingga mulai 8 April 2018, layanan Uber akan ditutup di Indonesia, dan lowongan Uber ditutup mulai 26 Maret 2018. Silakan baca infonya di sini.

Seluruh mitra Uber aktif diminta registrasi ulang / mutasi ke Grab. Silakan baca cara mutasinya:

Mutasi UberX ke GrabCar | Mutasi UberMotor ke GrabBike.

mitradriver.com – Banyak di antara mitra pengemudi Uber baik motor maupun mobil mengalami kejadian akun Uber driver partner-nya terblokir atau sering disebut kena suspend / saspen. Sebenarnya apa sih akun kena suspend itu?

Secara sederhana akun Uber yang terkena suspend berarti akun tersebut dalam masa penangguhan. Hal ini menyebabkan mitra driver tidak bisa melakukan perjalanan (On-line) di aplikasi Uber Driver walaupun tetap masih bisa log in (masuk). Istilah suspen atau blokir ini sebetulnya tidak hanya terjadi di Uber, beberapa aplikasi Taksi dan Ojek Online lain pun mempunyai sistem suspend-nya masing-masing.

Ciri-ciri Akun Diblokir atau Di-suspend

Cara paling mudah mengetahui akun terkena suspend tentu saja dengan login ke aplikasi Uber Driver. Jika anda mendapati tampilan tidak seperti biasanya sehingga tidak bisa meng-online-kan Uber Driver, berarti akun anda terkena suspend. Biasanya akan ada tampilan seperti gambar berikut, disertai informasi bertuliskan “Your Account Needs Attention”.

Tanda-tanda akun uber kena blokir
Jika akun terkena suspend, muncul pemberitahuan ketika Login ke aplikasi Uber Driver / Uber Partner

Dua Jenis Blokir Akun

Sistem Uber memberlakukan dua (2) jenis blokir. Yang pertama adalah Blokir Sementara, dan yang kedua adalah Blokir Permanen.

Untuk kasus Blokir Sementara, akun Uber Partner masih bisa diaktifkan dan digunakan kembali. Sementara Blokir Permanen, maka akun tidak bisa diaktifkan lagi sekalipun anda datang ke kantor Uber untuk mendaftar ulang. Blokir Permanen sama artinya dengan Uber mem-blacklist nama anda dari sistem.

Cara Mengetahui Blokir Sementara atau Permanen

Kalau rekan driver sedang terkena blokir akunnya, anda bisa mengecek apakah blokir yang anda alami bersifat temporer atau permanen. Caranya buka Google Chrome atau Firefox (di HP atau di Komputer), buka http://partners.uber.com/profile dan masuk menggunakan email dan sandi Uber anda.

Lihat status akun pada bagian tersebut. Jika bertuliskan WAITLISTED (DAFTAR TUNGGU), berarti akun anda terkena blokir sementara dan masih bisa diaktifkan. Sementara jika bertuliskan REJECTED (DITOLAK), berarti akun diblokir secara permanen.

Sebagai tambahan, blokir sementara (WAITLISTED) bisa juga dialami oleh calon mitra yang baru saja mendaftar. Untuk cari tahu cara daftar Uber, silakan baca panduannya di sini

Penyebab Akun Uber Kena Blokir

Penyebab Blokir Sementara dan Solusinya:

  1. Masa berlaku dokumen-dokumen (SIM atau STNK) sudah habis. Solusinya perbarui masa berlaku dokumen tersebut, dan unggah kembali kemudian tunggu maksimal 24 jam.
  2. Sering menolak order / mengabaikan order dan membatalkan perjalanan.
  3. Rating rendah di bawah 4.4 dan tidak ada peningkatan rating.
  4. Komplain dari penumpang terkait layanan anda
  5. Foto pada SIM, SKCK, STNK, atau KTP tidak jelas atau blur.
  6. Mengunggah dokumen yang tidak sesuai tempatnya. Biasanya calon mitra baru saat pendaftaran salah mengunggah SIM di bagian SKCK dsb.
  7. Foto Profil tidak terlihat jelas.

Kebanyakan masalah blokir sementara di atas bisa diatasi dengan datang ke kantor perwakilan Uber di lokasi terdekat. Silakan baca informasi alamat kantor Uber yang tersedia di website ini atau kunjungi t.uber.com/lokasi.

Penyebab Blokir Permanen

  1. Dokumen persyaratan terdeteksi palsu atau hasil rekayasa (editan)
  2. Sudah pernah kena blokir sementara akibat menolak order, tapi masih tetap menolak order setelah akun diaktifkan ulang.
  3. Rating tidak kunjung naik setelah terkena suspend, ini menandakan pelayanan anda tidak meningkat dan berkualitas buruk.
  4. Mempunyai akun ganda
  5. Meminjamkan akun kepada orang lain
  6. Menggunakan kendaraan yang berbeda dari yang didaftarkan.
  7. Tampilan wajah di foto tiap dokumen berbeda
  8. Membuat pemesanan atau order fiktif (misalnya memesan diri sendiri untuk mendapatkan bonus)
  9. Tidak “Mengakhiri Perjalanan” saat penumpang sampai di tempat tujuan.
  10. Membawa teman saat ng-uber (membawa kernet)
  11. Komplain penumpang yang terlalu banyak
  12. Meminta Rating kepada penumpang dan meminta uang tip
  13. Memperjualbelikan akun Driver kepada orang lain.
  14. Melakukan pelanggaran terhadap aturan sistem Uber lainnya

Seperti yang dibahas di atas, khusus blokir permanen maka akun Uber tidak bisa diaktifkan kembali. Oleh sebab itu perhatikan baik-baik penyebab blokir di atas, agar bisa terhindar dan tidak menimpa akun Uber Partner anda.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Mitradriver.com adalah portal berbagi informasi bagi para driver online. Situs ini BUKAN SITUS RESMI Uber, Grab atau pun Gojek / Go-Car. Mari berbagi info di sini.Untuk keluhan, silakan hubungi langsung pihak terkait. Terima kasih

Dapat info terbaru seputar Ojol dan Taksol?


161 komentar pada “Cara Mengatasi Akun Uber Driver Kena Suspend

  1. Saya memanggil uber untuk tujuan yg dekat, banyak pengemudi yg nanya dulu tujuan ke mana dan setelah mereka tahu, mereka memberi sejumlah alasan misalnya lokasinya masih jsuh atau lagi macet dll dan meminta saya membatalkan orderan. Dan memanggil yang lain. Sekarang akun saya dinonaktifkan. Bagaimana ini?

    1. Mohon maaf Ibu atas ulah sebagian rekan-rekan kami. Sedikit saran untuk masalah ibu, silakan datang ke kantor Uber untuk aktivasi ulang akun. Atau, ibu bisa mendaftar lagi dengan nomor ponsel / email yang berbeda.

      Tips agar terhindar dari pe-nonaktifan akun oleh sistem Uber, ketika ada driver yang banyak alasan dan meminta membatalkan orderan sebaiknya Jangan Dituruti. Hal ini karena sistem Uber secara otomatis menurunkan rating si pemesan jika melakukan pembatalan dalam jeda waktu berdekatan. Jika rating di bawah skala standar, maka akun dibekukan.

      Oleh karena itu, tolak permintaan driver yang meminta membatalkan orderan. Karena itu sudah menjadi konsekuensi driver, yaitu wajib menjemput penumpang dari dan ke mana pun. Jika penumpang tidak membatalkan orderan dan driver tidak kunjung datang, maka driver akan mendapat penurunan rating, peringatan dan pemblokiran kemitraan dengan Uber.

  2. Permisi admin, mau tanya kalo akun yg ke blokir sementara itu aktifnya kapan ya? Jangka nya brp hari?

    1. Untuk blokir sementara, akun baru bisa aktif lagi sampai “pelanggaran ringan” penyebab blokir tersebut diselesaikan. Misalnya SIM atau Pajak yang habis, maka sampai diperpanjang dan diupload ulang ke sistem Uber. Jika kesulitan, silakan datang ke kantor Uber terdekat.

      1. saya ke blokir hari selasa ini, insentif minggu kemaren tetep masuk apa gimana kak? Tolong info nya kak

        1. Seharusnya tetap masuk. Karena sistem Uber mencatat akhir periode setiap hari Senin. Artinya semua payment yang masuk periode sebelum pemblokiran seharusnya akan tetap ditransfer hari Rabu atau Kamis seperti biasa.

          Tapi untuk lebih jelas, sebaiknya konsultasi dengan Uber terkait support payment.

          Semoga bermanfaat.

  3. Akun saya kena suspensi, dengan indikasi curang dengan Uber pool, kaget karena tidak melakukan nya.
    Sudah darang ke kantor untuk menjelaskan tapi tidak ada solusi indikasi dengan pemutusan akun bisa ya uber

  4. Akun uber saya ke suspend sementara , sim , ktp , stnk ,skck masih aktif , bagaimana cara mengaktifkan nya ?
    Apakah insentif saya minggu kemaren cair ?

    1. Bisa datang ke kantor Uber untuk aktivasi ulang. Setahu kami, jika suspend terjadi setelah hari Senin (awal periode minggu berikutnya) maka insentif minggu lalu tetap masuk.

  5. saya ganti foto profil akun uber saya tapi kenapa pas sudah ganti jadi tidak bisa dipakai lagi, dan terdapat bacaan waitelistid, kira kira berapa lama ya kalo kaya gitu

    1. Untuk waitlisted, hanya bisa diaktivasi di kantor Uber. Dan sebagai info tambahan, di beberapa kota perubahan foto hanya bisa dilakukan di kantor Uber. Hal ini untuk menghindari jual beli / alih pakai akun kepada orang lain.

  6. Maaf….sya mau tanya….akun Uber sya d nonaktifkan….bagai mna cara’y biar akun sya aktif LG…sudah TLP kantor kta’y nonaktif permanen….AP bisa d aktifin LG min akun’y

    1. Kalau non aktif permanen setahu kami tidak bisa diaktivasi lagi pak. Mungkin ada pelanggaran ketentuan, sehingga Uber menonaktifkan permanen. Bapak bisa berkonsultasi kepada kantor Uber tentang penyebab blokir akun tersebut.

  7. Maaf saya mau tanya saya kena suspen permanent apa bsa d aktipkan lagi / daftar ulang lagi?

  8. Maaaf saya tuna rungu kenapa kena suspend/blokir akun saya kumohon apakah bisa kembali aktif Uber kumohon

    1. Mohon maaf pak Budi, untuk bantuan terkait aktivasi akun. Bapak sebaiknya berkonsultasi dengan Tim Uber di kantor terdekat. Semoga dapat kembali aktif 🙂

  9. Akun saya tidak bisa dapat antrian dari bandara ke luar, dan dari luar ke bandara. Itu kenapa ya ? 1 hari sblumnya masih ada antrian, tapi saya blm sempat masuk ke antrian, saya sudah kluar bandara karena parkir di bandara terlalu lama bisa mahal.

    1. Pak ivan bisa coba minta bantuan ke pihak Uber di help.uber.com atau isi form bantuan masalah di bandara Soetta di t.uber.com/bandara

  10. Hallo admin.
    Saat ini sudah berlangsung atau Akan di berlakukan ganjil genap. Saya berharap pihak aplikasi Uber dapat memberikan solusi agar driver tidak repot menghadapi masalah ini. Karena Yang Saya tahu Uber driver tidak boleh tahu atau bertanya tujuannya kemana. Ini akan menjadi repot bila plat no kendaraan berbenturan dengan peraturan ganjil genap. Agar semua bisa kondusif Saya harap itu menjadi perhatian.
    Terima kasih

  11. Saya terkena suspen rejected… bagaimana solusinya dan bisa di bantu aktifkan lg tdak ya terima kasih

    1. Untuk rejected setahu kami sama dengan putus mitra. Tidak bisa diaktifkan kembali, kecuali hanya waitlisted.

      Tapi kalau bapak ingin informasi lebih lengkap, bisa konsultasi dengan kantor Uber terdekat.

  12. Akun tiba yiba tidak bisa dibuka,karena tingkat penerimaan rendah,bagaimana tidak rendah,penjemputan diatas 4 kilo,lebih dari 15 menit, ditanya pengantaran hanya kurang dari 2 kilo,apa tidak ada solusi,apa akun masih bisa dibuka mesti tidak harus kekantor

  13. uber ga usah sombong… Aplikasi ga buat anda yg jd mitra Jadi kaya. malah dpt Sial. yang untung yg diatas Bos boss nya. Cari kerjaan lain saja lah drpd menyesal. Insya allah ada kerjaan yg JAUH LEBIH BERMANFAAT drpd ikut UBER. JEBOLL bro jd sblm Anda masuk silahkan tanya kepada yang sudah jalan. Atau anda dpt memesan taxi online dan Bertanya kepada. Mereka bagaimana Kejamnya Aturan uber. cuma Moto saja “Kita/Driverlah yang menjadi Boss’ klo jd Boss mana ada yang berani bisa Pecat secara Dadakan! #mikir

  14. Min mau tanya, temen saya kan mitra uber, saya juga sama, tapi dia pas ngojek kan 1 penumpang lagi dapat insentif, nah ada yg order tapi pake hop on, masa dia kena denda 65rb

    1. Untuk mendapatkan informasi detail tentang skema insentif dan lain-lain, pak / Indrlmnaa bisa berkonsultasi dengan kantor Uber terdekat.

  15. Admin kalau akun uber saya di nonaktifkan waitlisted tapi tanpa ke kantor uber terdekat bisa tidak gan di karenakan pada saat verivikasi foto kamera eror jadi gambar tidak jelas.bagai mana solusinya.ya

  16. sya mau tanya, Bapak saya kebetulan ID dan Plat Mobil di salahgunakan oleh oknum yg mendaftarkan ke Grab sebagai driver untuk grab car. tetapi tidka kunjung ada jawaban dari oknum tersebut mengenai statsu pendaftaran ke Grab. Lalu bpk sya mendatangi kantor Grab di Bogor, dan menurut Grab nama Bpak saya sudah di Black List permanen. sementara Bpk saya belum pernah melakukan perjalanan sbg driver Grab. yang ingin saya tanyakan, apakah bisa memulihkan kembali nama yg sudah di Black List dengan alasan yang sebenarnya? Terima Kasih

    1. Sangat dianjurkan untuk mendatangi kantor Grab untuk mengajukan klarifikasi tersebut kepada pihak Grab. Serta melaporkan oknum yang mendaftarkan tersebut.

Komentar ditutup.

Perlu diperhatikan
Silakan berkomentar dan mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang baik dan sopan. Dilarang berkomentar yang berisi promosi, nomor telepon atau email. Jika memang diperlukan silakan kontak kami terlebih dahulu.