Cara Mengatasi Akun Uber Driver Kena Suspend

Diposting pada 3.608 views

mitradriver.com – Banyak di antara mitra pengemudi Uber baik motor maupun mobil mengalami kejadian akun Uber driver partner-nya terblokir atau sering disebut kena suspend / saspen. Sebenarnya apa sih akun kena suspend itu?

Secara sederhana akun Uber yang terkena suspend berarti akun tersebut dalam masa penangguhan. Hal ini menyebabkan mitra driver tidak bisa melakukan perjalanan (On-line) di aplikasi Uber Driver walaupun tetap masih bisa log in (masuk). Istilah suspen atau blokir ini sebetulnya tidak hanya terjadi di Uber, beberapa aplikasi Taksi dan Ojek Online lain pun mempunyai sistem suspend-nya masing-masing.

Ciri-ciri Akun Diblokir atau Di-suspend

Cara paling mudah mengetahui akun terkena suspend tentu saja dengan login ke aplikasi Uber Driver. Jika anda mendapati tampilan tidak seperti biasanya sehingga tidak bisa meng-online-kan Uber Driver, berarti akun anda terkena suspend. Biasanya akan ada tampilan seperti gambar berikut, disertai informasi bertuliskan “Your Account Needs Attention”.

Tanda-tanda akun uber kena blokir
Jika akun terkena suspend, muncul pemberitahuan ketika Login ke aplikasi Uber Driver / Uber Partner

Dua Jenis Blokir Akun

Sistem Uber memberlakukan dua (2) jenis blokir. Yang pertama adalah Blokir Sementara, dan yang kedua adalah Blokir Permanen.

Untuk kasus Blokir Sementara, akun Uber Partner masih bisa diaktifkan dan digunakan kembali. Sementara Blokir Permanen, maka akun tidak bisa diaktifkan lagi sekalipun anda datang ke kantor Uber untuk mendaftar ulang. Blokir Permanen sama artinya dengan Uber mem-blacklist nama anda dari sistem.

Cara Mengetahui Blokir Sementara atau Permanen

Kalau rekan driver sedang terkena blokir akunnya, anda bisa mengecek apakah blokir yang anda alami bersifat temporer atau permanen. Caranya buka Google Chrome atau Firefox (di HP atau di Komputer), buka http://partners.uber.com/profile dan masuk menggunakan email dan sandi Uber anda.

BACA JUGA :   Pertanyaan Yang Sering Diajukan Calon Driver Uber

Lihat status akun pada bagian tersebut. Jika bertuliskan WAITLISTED (DAFTAR TUNGGU), berarti akun anda terkena blokir sementara dan masih bisa diaktifkan. Sementara jika bertuliskan REJECTED (DITOLAK), berarti akun diblokir secara permanen.

Sebagai tambahan, blokir sementara (WAITLISTED) bisa juga dialami oleh calon mitra yang baru saja mendaftar. Untuk cari tahu cara daftar Uber, silakan baca panduannya di sini

Penyebab Akun Uber Kena Blokir

Penyebab Blokir Sementara dan Solusinya:

  1. Masa berlaku dokumen-dokumen (SIM atau STNK) sudah habis. Solusinya perbarui masa berlaku dokumen tersebut, dan unggah kembali kemudian tunggu maksimal 24 jam.
  2. Sering menolak order / mengabaikan order dan membatalkan perjalanan.
  3. Rating rendah di bawah 4.4 dan tidak ada peningkatan rating.
  4. Komplain dari penumpang terkait layanan anda
  5. Foto pada SIM, SKCK, STNK, atau KTP tidak jelas atau blur.
  6. Mengunggah dokumen yang tidak sesuai tempatnya. Biasanya calon mitra baru saat pendaftaran salah mengunggah SIM di bagian SKCK dsb.
  7. Foto Profil tidak terlihat jelas.

Kebanyakan masalah blokir sementara di atas bisa diatasi dengan datang ke kantor perwakilan Uber di lokasi terdekat. Silakan baca informasi alamat kantor Uber yang tersedia di website ini atau kunjungi t.uber.com/lokasi.

Penyebab Blokir Permanen

  1. Dokumen persyaratan terdeteksi palsu atau hasil rekayasa (editan)
  2. Sudah pernah kena blokir sementara akibat menolak order, tapi masih tetap menolak order setelah akun diaktifkan ulang.
  3. Rating tidak kunjung naik setelah terkena suspend, ini menandakan pelayanan anda tidak meningkat dan berkualitas buruk.
  4. Mempunyai akun ganda
  5. Meminjamkan akun kepada orang lain
  6. Menggunakan kendaraan yang berbeda dari yang didaftarkan.
  7. Tampilan wajah di foto tiap dokumen berbeda
  8. Membuat pemesanan atau order fiktif (misalnya memesan diri sendiri untuk mendapatkan bonus)
  9. Tidak “Mengakhiri Perjalanan” saat penumpang sampai di tempat tujuan.
  10. Membawa teman saat ng-uber (membawa kernet)
  11. Komplain penumpang yang terlalu banyak
  12. Meminta Rating kepada penumpang dan meminta uang tip
  13. Memperjualbelikan akun Driver kepada orang lain.
  14. Melakukan pelanggaran terhadap aturan sistem Uber lainnya
BACA JUGA :   Gojek Hadir di Sukabumi, Minat? Jangan Ketinggalan Lowongannya

Seperti yang dibahas di atas, khusus blokir permanen maka akun Uber tidak bisa diaktifkan kembali. Oleh sebab itu perhatikan baik-baik penyebab blokir di atas, agar bisa terhindar dan tidak menimpa akun Uber Partner anda.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Mitradriver.com adalah portal berbagi informasi bagi para driver online. Situs ini BUKAN SITUS RESMI Uber, Grab atau pun Gojek / Go-Car. Mari berbagi info di sini. Untuk keluhan, silakan hubungi langsung pihak terkait. Terima kasih

43 komentar pada “Cara Mengatasi Akun Uber Driver Kena Suspend

  1. Makanya biar tahu,gimana kenyataannya dilapangan.jgn asal suspend aja.kita driver salah sedikit aja langsung kena suspend.ga seluruhnya kesalahan ada di kita (driver).kita yg berhadapan langsung dengan riders ( penumpang).harusnya ada konfirmasi dulu dong.biar tahu kesalahan ada dimana.saya kecewa berat dengan Uber.

Perlu diperhatikan
Silakan berkomentar dan mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang baik dan sopan. Dilarang berkomentar yang berisi promosi, nomor telepon atau email. Jika memang diperlukan silakan kontak kami terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *