Uber Mobil, Uber Car, atau Taksi Uber Apa Bedanya Sih?

Mungkin karena sudah terbiasa membedakan layanan taksi online dan ojek online dari medium yang dipakainya, akhirnya sering kita dengan istilah-istilah penyebutan layanan dari Uber yang berbeda-beda.

mitradriver.com kali ini akan membahas beberapa penyebutan nama layanan Uber berbasis mobil di Indonesia. Mari simak bersama-sama.

Apa arti sebuah nama, kita sebut Uber Car atau Uber Mobil, layanan yang dimaksud tetaplah sama.

3 Macam Sebutan Uber

Taksi Uber

Sebutan ini mungkin adalah yang paling populer di masa awal hadirnya platform ridesharing dari Uber. Ketika pertama hadir, di Jakarta penumpang lebih akrab menyebut Uber sebagai Taksi Uber.

Julukan taksi Uber barangkali disebabkan pensejajaran layanan yang diberikan Uber dengan layanan taksi konvensional yang sebelumnya sudah ada. Menggunakan kendaraan roda empat dengan tarif berdasarkan jarak, Uber dianggap sebagai transformasi taksi biasa yang mengimplementasikan teknologi.

Sebenarnya, Uber dan taksi konvensional tidak bisa dimasukkan dalam kategori yang sama. Kami pribadi lebih senang menganggap Uber sebagai mobil sewa berbasis online, bukan taksi online. Hal ini didasarkan karena Uber dan platform sejenis mempergunakan kendaraan-kendaraan pribadi yang sebetulnya tidak layak disebut taksi.

Uber Car

Sebutan Uber Car mulai akrab setelah Uber meluncurkan layanan ojek online bernama Uber Motor. Meskipun Uber tidak secara resmi menyebut Uber yang menggunakan mobil dengan Uber Car, tapi di masyarakat nama Uber Car cukup sering terdengar.

Para calon partner driver Uber juga umumnya menyebut Uber dengan Uber Car. Selain itu saingan Uber lainnya seperti Grab, dan Gojek menggunakan istilah Car untuk menyebut layanan roda empatnya. Grab dengan GrabCar-nya, dan Go-Jek dengan Go-Car.

Uber Mobil

Sebutan terakhir ini mungkin hanya terjemahan dari sebutan yang kedua. Uber Mobil juga (mungkin) lahir dikarenakan Uber punya dua layanan transportasi online, yaitu Motor dan Mobil.

Dengan alasan kemudahan, biasanya para driver mengidentifikasi dua jenis produk Uber ini dengan Uber Motor dan Uber Mobil.

Nama Resmi dari Uber

Sebutan Unik Uber di Indonesia
Uber Mobil atau Uber Car?

Uber sendiri tidak spesifik menamai produk Uber berbasis mobil ini. Hanya saja mereka membagi Uber berbasis mobil ini dengan beberapa kategori layanan.

Misalnya Uber X untuk mobil-mobil penumpang dengan kelas standar seperti Avanza, Xenia, dan lain sebagainya. Kemudian ada UberBLACK dimana mobil yang didaftarkan mempunyai kelas yang lebih tinggi, seperti CR-V, Pajero dan lain-lain.

Di pertengahan 2016 juga Uber memberkenalkan UberPOOL di Jakarta, dimana layanan ini adalah pengembangan dari UberX. UberPOOL memungkinkan beberapa penumpang dengan tujuan sama menaiki satu mobil Uber.

Di kemudian hari, pengembangan layanan Uber semakin variatif. Misalnya ada UberXL, atau UberKebun yang kadangkala layanan ini tidak selalu tersedia di semua kota.

Kesimpulan

Sedikit mengutip kata-kata William Shakespeare apa arti sebuah nama, kita sebut Uber Car atau Uber Mobil, layanan yang dimaksud tetaplah sama.

Baik Uber Car, Uber Mobil, atau Uber Taksi tetap mengacu pada produk yang sama. Meskipun secara personal kami kurang menyukai sebutan Taksi Uber, karena segmen yang lebih sesuai untuk Uber itu kendaraan sewa. Sama seperti perusahaan rental mobil besar lain seperti NPM Rent, TRAC, hanya yang membedakannya adalah layanan on demand berbasis aplikasi online.

Terlepas dari itu, toh Pemerintah tetap mengkategorikan layanan Uber dan kawan-kawan sebagai taksi. Hmm..

Gambar Gravatar
Mitradriver.com adalah portal berbagi informasi bagi para driver online. Situs ini BUKAN SITUS RESMI Uber, Grab atau pun Gojek / Go-Car. Mari berbagi info di sini.Untuk keluhan, silakan hubungi langsung pihak terkait. Terima kasih

Dapat info terbaru seputar Ojol dan Taksol?