Perhatikan Hal Ini Saat Jadi Penumpang Taksi Online

mitradriver.com – Dalam bisnis jasa, layanan adalah poin penting yang perlu menjadi titik berat perhatian. Di bisnis taksi online dan ojek online pun begitu.

Pengemudi yang baik akan memberikan layanan prima dan kesan yang membuat penumpang betah yang nyaman dalam perjalanan.

Pun begitu dari sisi sebaliknya. Sikap baik penumpang memberi dampak besar terhadap bagaimana attitude seorang driver di jalanan.

Nah, pada kali ini kami akan membahas kiat-kiat menjadi penumpang taksi dan ojek online yang baik melalui etika penumpang yang diperhatikan. Dengan kiat-kiat ini, diharapkan akan ada imbal balik layanan baik pula yang diberikan oleh mitra pengemudi.

Etika Penumpang Taksi Online

Bunga indah warna warni
Ilustrasi : Kindness

Kami sadur sebagian dari uber newsroom, demi kenyamanan bersama baik pengemudi dan penumpang, maka ada beberapa etika yang perlu diperhatikan saat anda menumpang atau menjadi customer taksi online. Mari kita bahas satu per satu.

  1. Jangan buat driver menunggu terlalu lama.

    Penting diperhatikan oleh setiap penumpang taksi online dan ojek online bahwa waktu sangat berharga dalam bisnis transportasi. Ketika pengemudi sudah tiba menjemput, jangan biarkan mereka menunggu berlama-lama.

    Umumnya waktu tunggu ideal yang ditetapkan oleh perusahaan taksi online berkisar antara 5 hingga maksimal 10 menit setelah pengemudi tiba. Jika lebih dari waktu tersebut, cobalah berkoordinasi dengan driver jika anda mengalami kendala yang menyebabkan keterlambatan.

    Jika driver berkenan, maka mereka akan menunggu. Namun jika mereka tidak berkenan, anda boleh membatalkan pesanan perjalanan dan memesan kembali setelah 10 menit atau lebih.

  2. Sopan dan Hargai Pengemudi

    Kesopanan PengemudiSikap sopan adalah modal utama dalam sosialisi. Setiap orang akan merasa senang jika diperlakukan dengan baik dan sopan, tak terkecuali dengan mitra driver taksi online.

    Bicaralah dengan bahasa yang santun, jika ada yang anda kurang sukai tak perlu berbicara dengan nada tinggi.

  3. Jangan Bawa Hewan Peliharaan.

    Sebaiknya jangan membawa hewan peliharaan ke dalam mobil. Kita tahu taksi online memang dikategorikan sebagai kendaraan umum. Namun tidak bisa diperlakukan sama dengan kendaraan umum lainnya.

    Taksi online adalah kendaraan yang dimiliki oleh perorangan, hal ini mungkin saja driver bisa tidak berkenan jika ada beinatang peliharaan masuk ke dalam kendaraanya.

  4. Jaga Kebersihan.

    Kebersihana adalah isu yang sangat penting. Pengemudi biasanya memperhatikan betul tentang kebersihan kendaraan yang mereka gunakan untuk narik taksi online.

    Sebagai penumpang, anda juga perlu membantu pengemudi mempertahankan kebersihan kendaraanya. Maka dari itu, jangan mengotori kendaraan dengan banyak sampah.

  5. Tidak Makan, Mimum, dan Merorok di Mobil

    Walaupun kadangkala ada driver yang berkenan penumpangnya makan, mimum dan merokok di mobil, tetapi ada baiknya anda menghindari kegiatan tersebut.

    Ini semua demi kenyamanan bersama dan juga kebersihan.

  6. Beri Rating Yang Sesuai

    Jika perjalanan sudah selesai, jangan lupa memberikan rating dan komentar sesuai dengan kinerja driver selama di perjalanan. Beri Rating dengan bijak dan sesuai.

Kita semua menginginkan perjalanan yang nyaman dan aman.  Oleh karena itu mulai dari kesadaran diri saat menggunakan jasa taksi online / ojek online, jadilah penumpang yang baik.

Menjaga etika selama perjalanan tidak akan ada ruginya, malahan kita bisa semakin terlihat friendly dan tentunya driver juga diharapkan berlaku demikian.  Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Mitradriver.com adalah portal berbagi informasi bagi para driver online. Situs ini BUKAN SITUS RESMI Uber, Grab atau pun Gojek / Go-Car. Mari berbagi info di sini.Untuk keluhan, silakan hubungi langsung pihak terkait. Terima kasih

Dapat info terbaru seputar Ojol dan Taksol?