Mau di Grab, Gojek atau Uber – Jadilah Mitra Terbaik

Ketika memutuskan menjadi mitra pengemudi taksi online, baik itu GrabCar, Go-Car, ataupun UberX maka kita perlu memahami bahwa pekerjaan (atau lebih tepatnya bisnis) yang kita kerjakan adalah service oriented. Artinya kualitas layanan adalah prioritas utama yang harus diperhatikan.

Belum jadi driver online? silakan baca ini dulu : Panduan Grab | Panduan Uber

Banyak di antara rekan-rekan pengemudi yang mengeluh rating turun, susah menerima order, dan bahkan pemutusan kemitraan (terkena suspend) dari perusahaan gara-gara tidak memahami pentingnya kualitas. Ketika sudah kena suspend, mau bagaimana? Mengeluh atau protes ke perusahaan tidak terlalu banyak menyelesaikan masalah. Padahal bisa jadi permasalahan berawal dari service yang kita berikan kepada driver.

Tips Menjadi Pengemudi Taksi Online
Ilustrasi : Mitra Pengemudi Online

Nah, untuk menghindari efek buruk terhadap pekerjaan yang berimbas kepada penghasilan, seharusnya sebagai mitra driver kita menjaga kualitas layanan kita untuk penumpang.

Menjadi Mitra Terbaik

Untuk menjadi mitra terbaik tentu setiap orang mempunyai kiat-kiatnya masing-masing.  Namun secara garis besar, bisa kita kelompokkan menjadi panduan singkat yang mudah diterapkan.  Nah beberapa tips berikut ini layak untuk diterapkan ketika anda memutuskan menjadi mitra pengemudi taksi dan ojek online.

Tips Singkat Mitra Driver

  1. Ketika telah menerima orderan, selalu pastikan bahwa anda benar-benar siap. Jangan membatalkan sepihak hanya karena alasan lokasi penjemputan, dan lain sebagainya.
  2. Hubungin penumpang untuk memastikan dan mempermudah penjemputan. Ini juga bisa menghindari anda tertipu order fiktif.
  3. Segera ke lokasi penjemputan, sesuai petunjuk di peta atau informasi dari penumpang.
  4. Ketika tiba di tempat penjemputan, kabari melalui telepon, sms atau GrabChat (khusus Grab) bahwa anda telah sampai.
  5. Jika penumpang tidak kunjung datang sampai lebih dari 5 menit, coba hubungi sekali lagi. Jika tak ada respon lagi, baru anda boleh membatalkan.
  6. Untuk mitra motor, berikan Helm, masker dan tutup kepala kepada penumpang. Jika anda kehabisan masker dan tutup kepala, informasikan kepada penumpang dengan sopan serta jangan lupa untuk mengambil segera ke kantor terdekat.
  7. Jika perjalanan harus melewati Tol, informasikan kepada penumpang bahwa biaya tol dibayar oleh penumpang. Mintalah ongkos tol sesuai tarif, dan berikan struk / karcis pembayaran jika memungkinkan.
  8. Saat tiba di tempat tujuan, jangan lupa selesaikan perjalanan pada aplikasi Driver dan mintalah ongkos sesuai tarif yang tertera.
  9. Berikan kembalian yang sesuai jika penumpang membayar dengan uang besar.
  10. Khusus Uber, mungkin sesekali anda akan mendapatkan ongkos tarif yang tertera di aplikasi sebesar Rp 0. Jika yang tertera Rp 0, maka jangan minta pembayaran apa pun kepada penumpang. Ini penting diperhatikan karena jika anda tetap meminta uang, hal tersebut dapa berakibat akun dikenakan suspend.Jangan khawatir, meskipun tarif Rp 0 anda sebagai driver tetap mendapatkan penghasilan sesuai tarif normal yang berlaku. Nantinya akan ditransfer secara mingguan bersamaan dengan pembayaran kartu kredit atau melalui flexpay (jika sudah diaktifkan).

Tips-tips di atas jika diperhatikan sangat sederhana, namun dengan layanan prima yang kita berikan tentu saja akan berimbas pada rating serta penghasilan.  Seperti pribahasa – siapa yang menanam, dia yang akan menuai – begitu kira-kira 🙂

Semoga dengan tips-tips singkat tersebut anda bisa memaksimalkan kualitas layanan kepada penumpang dan mencegah terkena suspend oleh perusahaan tempat anda bermitra.

Salam satu aspal

Gambar Gravatar
Mitradriver.com adalah portal berbagi informasi bagi para driver online. Situs ini BUKAN SITUS RESMI Uber, Grab atau pun Gojek / Go-Car. Mari berbagi info di sini.Untuk keluhan, silakan hubungi langsung pihak terkait. Terima kasih

Dapat info terbaru seputar Ojol dan Taksol?


4 komentar pada “Mau di Grab, Gojek atau Uber – Jadilah Mitra Terbaik

  1. Maaf, apakah kantor Uber menyediakan masker dan haircap gratis? Saya gak pernah ngasih masker. Soalnya gmn bs kasih masker, Uber aja murah banget dan SMS jg makan pulsa.

Komentar ditutup.

Perlu diperhatikan
Silakan berkomentar dan mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang baik dan sopan. Dilarang berkomentar yang berisi promosi, nomor telepon atau email. Jika memang diperlukan silakan kontak kami terlebih dahulu.