Pertanyaan Yang Sering Diajukan Calon Driver Uber

Diposting pada 1.293 views

Untuk membantu rekan-rekan yang masih berminat gabung dengan Uber, baik Motor maupun Mobil dalam tulisan ini kami akan coba sampaikan beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh calon driver dan sering berulang-ulang ditanyakan.

Kami merangkumnya secara singkat, untuk menghindari pertanyaan-pertanyaan serupa yang sebenarnya sudah dijawab dalam beberapa diskusi di kolom komentar.

Pertanyaan Tentang Persayatan

Tanya Jawab Calon Driver Uber
Pertanyaan Umum Calon Driver Uber

Berapa biaya pendaftaran untuk bergabung dengan Uber?
Jawaban : GRATIS karena Uber tidak menarik biaya pendaftaran untuk bergabung. Jika ada yang membuka jasa mendaftarkan calon driver Uber, kemudian meminta biaya pendaftaran. Maka dipastikan orang tersebut adalah CALO. Silakan laporkan Calo tersebut kepada Uber untuk ditindak.

Perlu diketahui, pendafaran Uber hanya bisa dilakukan dengan dua (2) cara. Yaitu daftar Online (silakan simak petunjuknya di tulisan ini) dan daftar ke kantor Uber di kota masing-masing. Uber tidak membuka agen atau perantara untuk pendaftaran calon driver.

Apakah Boleh STNK bukan atas nama sendiri ? Boleh Pakai Mobil atau Motor yang belum balik nama / milik saudara?
Jawaban : Boleh, selama STNK sesuai kriteria yaitu tidak mati pajak dan kendaraan masuk dalam minimal tahun yang disyaratkan Uber.

Kendaraan Mati Pajak bisa untuk daftar Uber?
Jawaban : Tidak bisa, ini adalah tentang bagaimana anda menjadi pengguna jalan yang baik. Artinya tentu harus taat semua peraturan yang berlaku.

Kendaraan tahun berapa yang boleh didaftarkan ke Uber?
Jawaban : Untuk mobil tahun 2011 atau 2012 (mungkin berbeda-beda di tiap kota). Sedangkan motor tahun 2008 ke atas.

Bolehkah SKCK Menyusul?
Jawaban : Setahu kami, SKCK wajib dilampirkan baik itu untuk pendaftaran secara online ataupun pendaftaran langsung ke kantor Uber.

Mobil dengan plat nomor daerah lain bisa untuk didaftarkan di Jakarta atau kota lainnya?
Jawaban : Jika belum ada perubahan, mobil dengan plat mana saja bisa didaftarkan. Seperti itu yang berlaku di Uber Jakarta, dan seharusnya sama di kota lainnya. Asalkan sesuai persyaratan (pajak dll)

BACA JUGA :   Alamat Kantor Uber Jogjakarta

Tentang Pendaftaran Online

Apakah betul daftar secara online bisa langsung aktif?
Jawaban : Bisa, begitu yang dialami sebagian besar rekan-rekan driver lainnya (khususnya di Jabodetabek). Biasanya 3 jam setelah upload langsung aktif statusnya (catatan : di Jam Kerja).

Bagai mana cara daftar online ?
Jawaban : Silakan baca panduannya di Sini (Klik).

Bagaimana cara mengecek akun Uber saya sudah aktif ?
Jawaban : Mas ke https://partners.uber.com/profile dengan email / nomor hp dan kata sandi / password yang didaftarkan. Jika sudah tertera ACTIVE atau AKTIF dengan tulisan hijau berarti akun sudah bisa digunakan untuk ng-Uber.

Kenapa status saya Onboarding?
Jawaban : Status Onboarding artinya data yang diunggah (upload) masih menunggu proses validasi oleh team Uber. Jika semuanya sesuai persyaratan maka akan berubah menjadi Aktif.

Setelah menunggu, status akun saya berubah dari Onboarding menjadi Waitlisted (Daftar Tunggu)?
Jawaban : Kemungkinan besar ada dokumen yang kurang sesuai dengan persyaratan. Coba cek lagi apakah masa berlakunya sudah lewat, atau foto yang di-upload kurang jelas, atau salah mengupload dokumen bukan pada tempatnya (misal: Sim diunggah di kolom SKCK dll). Silakan ulangi lagi upload dokumen di halaman profil.

Akun saya Rejected, kenapa ya?
Jawaban : Rejected artinya ditolak, ada beberapa kemungkinan. Pertama akun terindikasi ganda, atau ada akun lain dengan data-data yang sama. Kedua dokumen palsu atau hasil editan.

Tentang Blokir / Akun Suspend

Kenapa akun saya diblokir / dinonaktifkan/ ditangguhkan atau kena suspend?
Jawaban : Untuk informasi terkait blokir akun atau suspend, silakan baca : Informasi Tentang Suspend Akun Uber

Nah, daftar pertanyaan-pertanyaan di atas adalah yang umum ditanyakan oleh calon mitra. Jumlah pertanyaan akan diupdate / ditambah sesuai banyaknya pertanyaan yang masuk di kolom diskusi.

BACA JUGA :   Alamat Kantor Uber Karmel Jakarta

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Mitradriver.com adalah portal berbagi informasi bagi para driver online. Situs ini BUKAN SITUS RESMI Uber, Grab atau pun Gojek / Go-Car. Mari berbagi info di sini. Untuk keluhan, silakan hubungi langsung pihak terkait. Terima kasih

21 komentar pada “Pertanyaan Yang Sering Diajukan Calon Driver Uber

  1. Untuk kendaraan dan no rek yang sudah terdaftar diakun yang sudah terblokir (rejected), apakah masih bisa didaftarkan lagi ?

  2. Mohon info untuk biaya pendaftaran UBER Car dan apakah wajib untuk uji KIR untuk roda 4? Untuk asuransi kendaraan wajib atau bisa menyusul, terima kasih.

    1. Daftar Uber sepenuhnya GRATIS. Dan untuk uji KIR, hal tersebut ketentuan pemerintah. Silakan berkoordinasi dengan kantor perwakilan Uber terdekat.

  3. Sy sdh daftar online tp knp blm ada blsan dari uber? Kalo pajak mati tp plat kendaraan msh hidup blh kan?bb

  4. Tolong untuk wilayah penerimaan pemesanan di wilayah kota palembang lebih di perluas lagi karena mau seagame asean 2018, sangat tidak mungkin sekali kalau kami tidak bisa menerima order di gedung acara seagame nanti, untuk para pihak uber segera di tindak lanjuti terimakasih.

  5. Terhitung tiga hari hingga sekarang, bahwa saya sudah mendaftar Uber mobil via online dan semua persyaratan sudah ok. Tetapi mengapa status profil masih “onboarding”. Lucu & “kesalnya” sy beberapa kali dapat SMS dari Uber yang mengatakan akun saya sudah aktif dan disuruh segera menyetir. Kok ndak singkron ya??

        1. Seharusnya tidak ada masalah pak. selama nantinya beroperasi di kota tempat mendaftar. Karena Aplikasi Uber driver tidak bisa dipakai di kota lain jika mitra driver tidak mutasi dahulu.

  6. Sy daftar online menggunakan alamat, kendaraan, SIM, dari Mojokerto….. dan Alhamdulillah kemarin sudah aktif meskipun saya belum narik karena masih mempelajari tutorial online. Bolehkah nantinya sy narik di daerah pinggiran seperti Mojokerto / Sidoarjo / Gresik? Mengingat didaerah-daerah itu kantor perwakilan resmi Uber belum ada tapi udah banyak Armada Uber yang beroperasi??

    1. Selamat pak Burhan.

      Mengenai wilayah, saya kurang begitu paham tentang Uber di Surabaya dan sekitarnya. Apakah Mojokerto / Sidoarjo masih dalam satu wilayah operasional Uber Surabaya seperti halnya Bogor, Depok, Tangerang yang masih di wilayah Jakarta. Silakan pak Burhan konsultasi, atau trial untuk memastikan 🙂

Perlu diperhatikan
Silakan berkomentar dan mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang baik dan sopan. Dilarang berkomentar yang berisi promosi, nomor telepon atau email. Jika memang diperlukan silakan kontak kami terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *