Cara Daftar Uber Online Langsung Aktif

Pemberitahuan

Uber dan Grab melakukan persetujuan untuk mengalihkan seluruh layanan Uber di Asia Tenggara (termasuk Indonesia) kepada Grab. Sehingga mulai 8 April 2018, layanan Uber akan ditutup di Indonesia, dan lowongan Uber ditutup mulai 26 Maret 2018. Silakan baca infonya di sini.

Seluruh mitra Uber aktif diminta registrasi ulang / mutasi ke Grab. Silakan baca cara mutasinya:

Mutasi UberX ke GrabCar | Mutasi UberMotor ke GrabBike.

Menjadi mitra pengemudi Uber, baik Motor ataupun Mobil memberi keleluasaan waktu dalam menghasilkan uang.  Sehingga banyak yang ingin bergabung atau mendaftar Uber menjadi mitra drivernya.  Jumlah penggunanya yang terus meningkat, juga menyebabkan peluang bisnis Uber ini masih tetap menjanjikan sampai tahun 2018 ini.
Daftar Uber Online
Daftar Uber Online

Jika anda adalah salah satu yang berminat bergabung dengan keluarga besar Uber,  pada tulisan kali ini kami akan memaparkan tata cara dan panduan daftar uber online dengan mudah.  Karena pendaftaran ini secara online, maka anda tidak perlu datang ke kantor Uber sama sekali.  Cukup dari rumah menggunakan smartphone ataupun komputer.

Semua proses pendaftaran Uber tidak dipungut biaya apa pun (GRATIS), karena ini adalah jalur pendaftaran resmi.  Jika di luaran sana ada yang membuka jasa daftar Uber dengan meminta bayaran, maka bisa dipastikan itu adalah Calo.

Daftar Taksi Uber / Motor via Web

Persyaratan Uber

Pertama yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar jadi driver Uber, baik itu Uber X, Uber Black atau Uber Motor (bike), maka anda wajib tahu apa-apa saja persyaratannya.  Karena dengan berbekal persyaratan ini nanti anda bisa berhasil daftar online menjadi partner Uber.

Persyaratan Driver

  1. SIM A / B Aktif (Uber X dan Uber Black)
  2. SIM C ( Uber Motor)
  3. SKCK aktif
  4. KTP (menurut informasi, boleh menggunakan resi atau KTP sementara)

Persyaratan Mobil

  1. Usia Mobil maksimal 5 tahun atau tahun perakitan tahun 2011 ke atas
  2. STNK dan Pajak Hidup
  3. Asuransi (Bisa menyusul) Tidak perlu

Persyaratan Motor

  1. Motor maksimal tahun 2008 ke atas
  2. STNK dan Pajak Hidup

Semua persyaratan tadi difoto dengan resolusi yang baik agar gambar tidak pecah.  Buat setiap sudut dokumen terfoto jelas, jangan sampai blur dan sulit dibaca.

Jangan lupa siapkan juga nomor handphone dan email untuk menerima konfirmasi pendaftaran dan notifikasi lainnya dari sistem Uber.

Step By Step Daftar Uber Taxi dan Uber Motor

Sebelum memulai mendaftar, perlu diingat bahwa keberhasilan pendaftaran online sepenuhnya tergantung persyaratan yang difoto.  Untuk menghindari kesalahan, dan kegagalan daftar Uber, berikut ini kami contohkan cara memfoto dokumen Uber yang benar.  Ingat, tidak boleh hasil edit, cropping, atau scan.

Contoh Cara Foto Persyaratan Yang Benar

Contoh Foto KTP untuk Daftar GrabCar Online
Contoh Foto KTP untuk Daftar Uber Online

Contoh Foto SIM A untuk daftar GrabCar
Contoh Foto SIM A untuk daftar Uber

Contoh cara foto SKCK untuk daftar GrabCar Sendiri via Whatsapp
Contoh cara foto SKCK untuk daftar Uber Motor / Mobil

Contoh cara foto STNK untuk pendaftaran GrabCar / Grabbike Online
Contoh cara foto STNK untuk pendaftaran Uber Car atau Motor Online

Contoh Foto Diri untuk Profil dengan background polos
Contoh Foto Diri untuk Profil dengan background polos

Setelah semua persyarata siap dan lengkap, sekarang anda siap melakukan registrasi menjadi mitra pengemudi taksi online asal Amerika tersebut.  Simak langkah demi langkahnya pada panduan di bawah ini.  Perlu diperhatikan bahwa pendaftaran Driver Uber Taksi bisa dilakukan via komputer ataupun melalui smartphone android biasa.

Langkah Mendaftar Uber Taksi Online

  1. Buka browser (Google Chrome atau Firefox) dan kunjungi uber.com atau bisa langsung klik di sini.
  2. Pada halaman yang terbuka, terdapat kotak formulir pendaftaran.  Letaknya ada di sebelah kanan jika anda membuka melalui komputer / laptop.

    Daftar Online Uber Taksi
    Formulir Pendaftaran Uber Online
  3. Isi formulir tersebut dengan data yang lengkap dan benar.
  4. Jika diminta memasukkan Kode Undangan, masukkan saja vk4kp7veue atau cukup kosongkan
  5. Untuk kolom kota, ketik nama kota sesuai kota anda kemudian akan muncul pilihan suggestion berupa nama-mana kota yang terdaftar.  Pilih salah satu.
  6. Kemudian Klik tombol SUBMIT
  7. Pada halaman berikutnya anda diwajibkan memilih salah satu layanan Uber Taksi yang diinginkan.  Misalnya anda ingin gabung Uber Car, atau Uber Motor.  Pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.
    Untuk calon mitra mobil ada beberapa pilihan, silakan sesuaikan.  Dan calon mitra Uber Motor pilih “Saya ingin mengemudi motor“.

    Langkah ke dua isi formulir Uber
    Pilih salah satu sesui yang ingin didaftarkan. Kalau UberMotor maka pilih “Saya ingin mengemudi Motor”
  8. Jika sudah selesai, klik tombol Continue

Meng-upload Pesyaratan

Setelah menyelesaikan langkah di atas, anda akan diminta meng-upload semua persyaratan.  Jika mendaftar menggunakan smartphone (Android atau iOS), tekan tombol UPLOAD PHOTO pada masing-masing dokumen yang diminta, lalu anda bisa langsung memfoto dengan kamera handphone anda.  Maka dokumen akan otomatis terkirim / ter-upload.

SIM untuk taksi online Uber Car
Upload SIM
persyaratan daftar uber car dan uber motor online
Upload SKCK
Upload KTP untuk daftar Uber
Upload KTP
STNK untuk mendaftar Uber secara online di web
Upload STNK

Jika menggunakan komputer, maka tentu harus memfoto secara terpisah.  Yang perlu dicatat adalah kualitas foto haruslah berresolusi baik sehingga tidak blur atau pecah.  Jangan sampai ada tulisan yang terpotong dari STNK, SIM atau SKCK, apalagi pada bagian masa berlaku dokumen tersebut.

 

Penting Diperhatikan
Dokumen yang difoto HARUS TERBACA JELAS dan TIDAK TERPOTONG bagian sudutnya.  Karena jika dokumen tidak terbaca, akun tidak bisa lolos validasi dan akan teatap berstatus WAITLISTED / Masuk daftar tunggu.  Dan anda HARUS DATANG ke KANTOR UBER untuk bisa validasi dokumen secara manual hingga bisa AKTIF.

Selesai

Setelah selesai mengunggah atau meng-upload persyaratan partner tadi,  maka berarti pendaftaran Uber Taksi secara online sudah selesai.  Anda bisa meluangkan waktu menonton video perkenalan penggunaan aplikasi yang tersedia atau memilih menu Go To Your Dashboard untuk melengkapi profil anda.

Training Aplikasi Uber

Seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya, bahwa di halaman terakhir pendaftaran setelah calon mitra uber mengunggah dokumen persyatan maka akan ada video training aplikasi.  Anda bisa mempelajari penggunakan aplikasi Uber Driver melalui video tersebut.

Namun jika anda merasa kurang dengan training video tersebut, setiap calon driver uber bisa mendatangi kantor perwakilan Uber di kota masing-masing.

Akun Uber Aktif

Jika data yang anda berikan selama proses pendaftaran uber partner semuanya benar dan valid, maka dalam 2-3 jam kerja setelah melalui proses validasi, akun Uber anda akan aktif.  Silakan cek secara berkala status akun driver anda di go.uberon.info/2wH52Jm

Tampilan akun Uber Driver yang sudah aktif di dashboard
Tampilan akun Uber Driver yang sudah aktif di dashboard

Setelah akun aktif anda bisa langsung narik atau mulai mencari penghasilan tambahan dari mengemudi taksi Uber.

Foto Profil dan Nomor Rekening

Untuk memasukkan foto profil yang nantinya tampil di aplikasi penumpang, anda bisa lakukan di aplikasi uber driver nanti setelah aktif atau melalui dashboard akun.

Begitu juga dengan nomor rekening untuk transfer bonus dan promo serta insentif, maka anda bisa memasukkan nomor rekening via aplikasi driver.

Atau kalau masih bingung, silakan baca panduan memasukkan rekening ke Uber .

Khusus Motor – Ambil Atribut Uber

Bagi anda yang mendaftar sebagai driver Uber Motor, maka setelah aktif wajib untuk mengambil atribut berupa helm dan jaket.  Helm dan jaket Uber ini harus diambil setiap driver sebagai identitas resmi driver Uber Motor.

Tentang cara ambil atribut, kami sudah membuat panduannya, silakan baca syarat pengambilan atribut Uber.  Jika anda di Jabotabek, ada beberapa lokasi kantor Uber yang bisa didatangi untuk tebus atribut.  Silakan baca tulisan tempat ambil atribut di Jabodetabek.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Mitradriver.com adalah portal berbagi informasi bagi para driver online. Situs ini BUKAN SITUS RESMI Uber, Grab atau pun Gojek / Go-Car. Mari berbagi info di sini. Untuk keluhan, silakan hubungi langsung pihak terkait. Terima kasih

Dapat info terbaru seputar Ojol dan Taksol?


586 komentar pada “Cara Daftar Uber Online Langsung Aktif

  1. Selamat malam min. Maaf saya mau nayak min. Saya sudah daftar uber dan dokumen nya sudah saya uplod&sudah di ceklis hijau. Tapi kok di suruh nonton buka youtube min. Trimakasih

    1. Iya pak betul, video youtube itu adalah training penggunaan aplikasi Uber Driver. Nantinya kalau akun pak Yusuf disetujui, bapak sudah mengerti cara menggunakannya.

  2. Slamet malmMin….saya udah daftr uber online hari slasa yg lalu, sudah nongton youtube nya trus surh instal aplikasi uber draiver udah saya instal,kan surh masukin email ko malah email nya ga diknal katnya.. gimana mohn pnjlasanya ?

    1. Mohon dipastikan email yang dimasukkan adalah yang sudah bapak daftarkan sebelumnya. Periksa semua ejaannya dengan benar (harus huruf kecil semua), serta email dalam keadaan aktif.

  3. min, saya daftar uber motor. didashbord udh aktif semua tp ko diapp uber driver cuma disuru nonton doang kpn nariknya? dan sampe kapan akun bs digunain? apa harus aktivasi dikamtor?

    1. Biasanya aktivasi akun bertahap pak, setelah dokumen divalidasi (dokumen berstatus aktif). Kalau bapak cek di dashboard, tanda akun Uber sudah bisa dipakai adalah status ACTIVE di bagian profil, sedangkan yang di bagian dokumen hanya menjelaskan status dokumen diterima, direview atau ditolak.

      Tapi, kalau ini berlangsung terlalu lama menurut bapak. Datang ke kantor Uber untuk mempercepat aktivasi bisa juga dilakukan.

      1. Kan saya daftar domisili Jakarta, bisa ga dtg kekantor uber yg ada dijuanda depok?

  4. Saya sudah unggah semua dokumen.
    Tapi untuk SIM C saya masih pakai resi, dikarenakan lagi dalam proses, soalnya bahan baku untuk SIM C di daerah saya lagi kehabisan. Terimakasih

  5. min saya udah daftar uber,dokumen udah saya upload dan ga ada masalah tapi ko sampe sekarang blum aktif ya,, di profil tulisannya onboarding

    1. Mohon maaf pak Deni, mulai 26 April 2018 Uber sudah tidak lagi menerima pendaftaran mitra baru. Semua proses pendaftaran setelah tanggal tersebut tidak akan diaktifasi oleh sistem.

      Mulai 8 April 2018, Uber akan menutup layanan di Indonesia silakan baca rinciannya di sini.

  6. Min mau nanya, untuk daftar uber skrg emang masih bisa? Bukannya uber udah di akuisisi sama grab? Berarti kita bisanya daftar grab dong bukan uber ya?

    1. Sudah disampaikan di pengumuman di bagian atas halaman ini tentang akuisisi Grab terhadap Uber. Silakan Pak/Ibu Nyla baca lagi. 🙂

  7. Tempo hari saya dipanggil dikantor uber untuk ferivikas ,tapi saya gak datang karena saya blm ngurus skck.. selanjutnya gimana

Komentar ditutup.

Perlu diperhatikan
Silakan berkomentar dan mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang baik dan sopan. Dilarang berkomentar yang berisi promosi, nomor telepon atau email. Jika memang diperlukan silakan kontak kami terlebih dahulu.