Daftar Grab di Agen Kudo atau Paytren Berbayar? Jangan Langsung Mau

Disclaimer.
Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk mendiskreditkan Agen Kudo atau Paytren. Tulisan ini murni untuk informasi bagi pembaca, agar tidak ada pihak yang dirugikan. Terima kasih.
Cara daftar pengemudi Grab
Menjadi mitra Grab Car

Halo, ada beberapa pertanyaan yang MitraDriver.com (MD) terima di kolom diskusi di artikel tentang pendaftaran Grab. Pertanyaan tersebut ada yang berbunyi, “Berapa biaya daftar Grab?” ada juga yang dimintai uang pendaftaran 280 ribu dengan alasan programnya berbayar.

Hmm.. melihat ini, MD merasa perlu meluruskan kepada calon mitra driver Grab supaya semua tahu. Supaya tidak ada lagi yang “dikibulin” agen-agen pendaftaran Grab yang mau untung dobel.

Daftar Grab Gratis di Agen
komentar daftar grab diminta bayar 280 ribu

Oke, jadi kali ini MD mau kasih informasi ke rekan calon mitra driver semua tentang pendaftarn Grab ini apakah ada biaya pendaftarannya atau tidak. Baik melalui Agen Kudo dan Paytren ataupun Daftar Online. Simak selengkapnya penjelasan di bawah ini.

Daftar Grab di Calo

Selama 3 tahun kami aktif di bisnis taksi online dan ojek online, belum pernah mendengar satu kali pun bahwa pendaftaran resmi menjadi mitra driver harus membayar sejumlah uang. Baik di Uber (ketika belum tutup), di Go-Jek, ataupun di Grab tidak pernah menyebutkan ada biaya pendaftaran mitra secara resmi.

Kalaupun ada, kami pernah mendengar itu terjadi di forum-forum jual beli akun driver yang sebetulnya ilegal karena dilarang diperjualbelikan. Selain itu, biasanya ini hanya akal-akalan oknum “calo” yang berniat “membantu” calon mitra yang pada beberapa kasus tidak mempunyai dokumen persyaratan yang lengkap.

Jadi bisa dipastikan jika menemui orang yang menawarkan bisa membantu menjadi mitra Grab dengan biaya tertentu bahkan dengan dokumen persyaratan tak lengkap sekalipun, ini adalah calo.

Dulu di zaman Uber sebelum bergabung dengan Grab, Uber menyarankan untuk melaporkan calo-calo ke pihak Uber agar bisa ditindak karena merugikan.

Daftar Grab di Agen Kudo dan Paytren

Belakangan, sekitar pertengahan tahun 2017 lalu Grab bekerja sama dengan Kudo untuk membantu proses rekrutmen mitra baru. Rekrutmen ini cukup mendapat prioritas dari Grab, karena banyak di antara calon mitra bisa langsung aktif tanpa harus datang ke kantor Grab sama sekali.

Kemudian di awal tahun 2018 ini, Grab juga menggandeng Paytren untuk ikut menjadi partner dalam rekrutmen mitra baru.

Nah, yang jadi pertanyaan adakah biaya pendaftaran yang harus dibayar ketika anda ingin menjadi mitra driver Grab melalui jasa Agen Paytren dan Kudo ini? Oke, MD coba beri sedikit penjelasan.

Khusus untuk Kudo, MD sendiri pernah menjadi Agen Kudo dan membuka jasa pendaftaran Grab via chat Whatsapp (lihat tulisan ini). Namun saat ini, MD tidak lagi membuka jasa tersebut, karena kesibukan lain.

Daftar Grab Gratis

Oke, di aplikasi Kudo semua agen yang sudah terverifikasi bisa mendaftarkan calon mitra Grab baik GrabCar ataupun GrabBike. Di proses pendaftaran tersebut, agen kudo tidak diminta untuk memasang tarif karena sejatinya pendaftaran Grab 100% Gratis.

Agen Dapat Komisi Pendaftaran

Daftar Grab di Kudo dan Paytren
Salah satu contoh tampilan aplikasi Agen Kudo

Selain itu, agen Kudo juga akan mendapatkan komisi tertentu jika berhasil mendaftarkan calon mitra Grab hingga aktif dan melakukan sejumlah pengambilan order. Besarnya bervariasi, namun di tahun 2017 lalu komisi hingga 350 ribu per driver GrabCar yang aktif dan jadi berhasil menyelesaikan beberapa perjalanan. Untuk GrabBike, tahun lalu sekitar 150 ribu yang dibayarkan secara bertahap. Di tahun ini, nilainya sedikit berkurang 🙂

Untuk Paytren, MD tidak tahu secara pasti bagaimana detailnya. Tapi yang pasti, tidak akan jauh berbeda dengan Kudo. Artinya Agen Paytren pun akan mendapat sejumlah komisi ketika berhasil mendaftarkan mitra Grab baru.

Lalu, Kenapa Ada Yang Pasang Tarif Daftar Grab?

MD tidak ingin berspekulasi, hanya saja ketika sudah mendapat komisi dari perusahaan, lalu untuk apa meminta uang pendaftaran jika bukan untuk mencari keuntungan ganda.

Bedakan Biaya Pendaftaran dan Top Up Saldo Pengemudi

Di Grab, pengemudi yang sudah aktif harus mempunyai saldo di aplikasi Grab Drivernya sebelum bisa ambil order atau nge-bid.   Nah, ketika mitra pengemudi baru bergabung biasanya saldonya Rp 0,-  Oleh karena itu harus melalukan Top Up atau pengisian saldo.  Caranya bisa di minimarket seperti Alfamart dll, atau di agen Kudo dan Paytren.

Harap diperhatikan, yang MD maksud dengan tarif daftar Grab di atas bukan merupakan Top Up saldo.  Dan perlu diingat, top up saldo baru bisa dilakukan kalau akun Grab Driver sudah aktif, sehingga jika pada waktu pendaftaran anda dimintai biaya, bisa dipastikan ini bukan untuk top up saldo.

Daftar Grab Online

Daftar Grab secara online juga ditawarkan Grab sebagai bentuk kemudahan bagi calon driver. Prosesnya sebetulnya sama seperti pendaftaran melalui Agen yaitu dokumen asli difoto dan diunggah melalui aplikasi formulir online. Hanya saja, semuanya dilakukan secara mandiri oleh calon mitra Grab.

Sebaiknya Pilih Yang Mana?

Semua kembali kepada anda, sebagai pendaftar. Jika lebih suka daftar online, silakan daftar secara online. Tapi jika kurang familiar dengan aplikasi online atau tidak ingin ribet, maka daftar melalui agen adalah solusi terbaik.

Dan sekali lagi, dengan tulisan ini MD tidak bermaksud melarang atau menjelekkan Agen Kudo dan Paytren. Ini hanya sekedar berbagi saja, bahwa sejatinya proses yang kami tahu demikian. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Mitradriver.com adalah portal berbagi informasi bagi para driver online. Situs ini BUKAN SITUS RESMI Uber, Grab atau pun Gojek / Go-Car. Mari berbagi info di sini.Untuk keluhan, silakan hubungi langsung pihak terkait. Terima kasih

Dapat info terbaru seputar Ojol dan Taksol?