Pakai Grand Livina? Atasi Bunyi “Krik krik” di Kolong Mobil Dengan Ini

mitradriver.com – Driver taksi online baik itu Uber Car, Grab Car, ataupun Go Car perlu memperhatikan betul kelaikan kendaraanya. Selain demi kenyamanan berkendara dan keselamatan, tentunya memberi perhatian berkala terhadap mobil akan ikut membantu penghematan.

Loh kok penghematan? Yap, karena dengan memeriksa kelaikan kendaraan secara berkala kita para driver transportasi online bisa meminimalisir kerusakan parah dengan cara mendeteksinya secara dini.

Kita semua sepakat bahwa pengeluaran harus bisa ditekan sebisa mungkin. Apalagi di waktu sedikit promosi dan bonus driver seperti sekarang 😀

Kerusakan Pada Grand Livina

Trouble Shooting Grand Livina
Nissan Grand Livina

Bunyi Jangkrik di Kolong

Mungkin di antara anda ada yang narik pakai mobil Nissan Grand Livina. Pada beberapa kondisi, kadangkala mobil pabrikan Indomobil ini sering mempunyai masalah mulai dari ringan hingga berat. Oleh karena itu, demi kenyamanan nge-trip sebaiknya anda memperhatikan betul kendaraan anda.

Salah satu penyakit Grand Livina paling umum adalah bunyi “krik-krik” di bagian bawah kabin (di kolong). Bunyi yang menyerupai jangkrik ini sering mengganggu juga selain itu mengurangi kenyamanan berkendara.

Analisa Sederhana

Umumnya bunyi jangkrik di Grand Livina terjadi ketika kondisi mesin sedang panas. Lalu pada saat memindahkan tuas perseneling ke posisi Drive (D) atau Mundur (R) berbarengan dengan menginjak pedal rem.

Bunyi Krik krik di kolong Grand Livina
Bagian Paking Knalpot Grand Livina

Bunyi yang dihasilkan tersebut akan terdengar seperti ada part yang kendur di bagian kolong mobil. Dikutip dari blognya mekanik di Nissan, ternyata bunyi krik-krik tersebut dihasilkan oleh gasket knalpot yang sudah tidak lagi rapat.

Gasket atau dikenal juga sebagai Paking Knalpot, pada kondisi normal dan ideal seharusnya rapat dan tidak ada celah pada sambungan antara exaust manifold dan pipa gas buang (knalpot).

Ketika terjadi keregangan, akan timbul ruang kosong pada bagian tersebut. Hal ini akan memicu gesekan antara knalpot dan mulut buang gas (exaust manifold), terutama ketika pedal rem diinjak dimana getaran mesin tidak terserap oleh kaki-kaki.

Pada saat gesekan inilah biasanya bunyi krik-krik seperti jangkrik rentan terjadi.

Solusi Singkat

Ganti Gasket dan Spring (Per) Grand Livina
Ganti Gasket dan Spring (Per) Grand Livina

Untuk mengatasi ini yang paling mudah adalah bawa ke bengkel resmi Nissan, pasti masalah akan selesai. Namun untuk driver online yang pengen hemat dan suka oprek-oprek, solusi sederhana berikut ini bisa diterapkan.

Penggantian Gasket / Paking Knalpot

Ganti Gasket yang sudah kendur ini dengan gasket baru yang berkualitas baik. Selain itu, ada baiknya ganti juga spring (per) yang ada di knalpot tersebut. Cara ini cukup efektif mengatasi permasalahan bunyi jangkrik di Grand Livina anda.

Tapi tunggu dulu, jika anda ingin lebih berhemat lagi anda bisa mempergunakan Cemedine. Cemedine adalah cairan adhesive sejenis lem yang bisa dipergunakan untuk memperbaiki paking knalpot.

Lem Cemedine
Lem Cemedine

Nah perbaikan sederhana ini mudah-mudahan bisa membantu menghemat pengeluaran servis kendaraan yang biasanya cukup besar. Apalagi kalau narik online terus non-stop hehe..

Sebagai driver online kita memang harus setidaknya memahami trouble shooting ringan pada kendaraan. Demi keselamatan dan kenyamanan kita dan penumpang.

Gambar Gravatar
Mitradriver.com adalah portal berbagi informasi bagi para driver online. Situs ini BUKAN SITUS RESMI Uber, Grab atau pun Gojek / Go-Car. Mari berbagi info di sini.Untuk keluhan, silakan hubungi langsung pihak terkait. Terima kasih

Dapat info terbaru seputar Ojol dan Taksol?


2 komentar pada “Pakai Grand Livina? Atasi Bunyi “Krik krik” di Kolong Mobil Dengan Ini

    1. Dari info yang ada, cukup dioleskan pada paking knalpot yang sudah renggang tersebut. Karena ini adhesive atau bersifat lem, jadi tujuannya untuk mengisi celah kecil antara sisi knalpot dan manifold.

      Tapi kami sendiri belum tahu teknisnya hehehe.. 🙂 cuma dapat info dari salah satu rekan montir Nissan.

Komentar ditutup.

Perlu diperhatikan
Silakan berkomentar dan mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang baik dan sopan. Dilarang berkomentar yang berisi promosi, nomor telepon atau email. Jika memang diperlukan silakan kontak kami terlebih dahulu.