Asuransi All Risk, Apa Itu?

mitradriver.com – Salah satu persyaratan kendaraan untuk taksi online seperti Grab Car, Uber, atau Go Car adalah Asuransi.  Biasanya jenis asuransi yang diminta adalah asuransi All Risk.  Lalu apa sebenarnya Asuransi All Risk tersebut ?

Dalam dunia asuransi kendaraan, ada dua macam jenis perlindungan yang dikenal.  Yang pertama adalah Total Loss Only atau biasa disebut TLO, dan Komprehensif atau All Risk.  Kedua jenis perlindungan asuransi tersebut mempunyai perbedaan dalam hal meng-cover  risiko kendaraan.

Asuransi Comprehensive atau All  Risk memberikan jaminan ganti rugi dan biaya perbaikan atas kehilangan atau kerusakan sebagian maupun keseluruhan kendaraan akibat kecelakaan lalu lintas, perbuatan jahat, pencurian, atau kebakaran.

Sedangkan Asuransi TLO hanya mencakup ganti rugi jika kendaraan hilang atau mengalami kerusakan total.

Jenis Asuransi untuk taksi online
Ilustrasi : Mobil Rusak Karena Kecelakaan

Asuransi Untuk Taksi Online

Untuk alasan tersebut, beberapa operator Taksi Aplikasi mewajibkan kendaraan yang akan bergabung dengan platform mereka untuk diasuransikan dengan Asuransi All Risk atau Komprehensif.  Hal ini dikarenakan pertanggungan asuransi all risk dianggap lebih memadai dan lengkap jika dibanding jenis TLO.

Untuk mengetahui jenis asuransi yang anda miliki, silakan anda lihat pada polis asuransi anda.  Biasanya pada bagian awal polis di mana penjelasan tentang rincian kendaraan berada, dijelaskan tentang jenis pertanggungan asuransinya.

Asuransi Campuran

Bisa saja asuransi TLO dan Komprehensif dijadikan satu dalam sebuah polis asuransi.  Hal ini memungkinkan karena pertanggungan bisa dibagi dalam beberapa periode.  Misalnya di 2 tahun awal dengan komprehensif, kemudian di tahun-tahun berikutnya saat nilai kendaraan sudah menurun diganti dengan TLO.

Asuransi jenis campuran ini bisa juga digunakan untuk mendaftar taksi online.  Sejauh yang mitradriver.com tahu, asuransi campuran diterima oleh semua operator taksi online, termasuk Grab, Uber, dan Go Car.

Daftar Uber Tanpa Asuransi

Dalam perkembangannya, saat Uber memberi opsi pendafataran online (khususnya di Jakarta), Uber tidak lagi meminta scan Polis Asuransi.  Kami tidak tahu alasan kenapa Uber tidak lagi mewajibkan kendaraan berasuransi.  Namun, keringanan persyaratan ini bisa memperingan calon partner saat mendaftarkan kendaraanya.

Gambar Gravatar
Mitradriver.com adalah portal berbagi informasi bagi para driver online. Situs ini BUKAN SITUS RESMI Uber, Grab atau pun Gojek / Go-Car. Mari berbagi info di sini.Untuk keluhan, silakan hubungi langsung pihak terkait. Terima kasih

Dapat info terbaru seputar Ojol dan Taksol?