Akun Grab Dibekukan? Cari Tahu Penyebab dan Solusinya

Diposting pada 512 views
Akun Grab Dibekukan, Penyebab dan Solusinya
Akun Grab dibekukan

Halo rekan Mitra Driver, mudah-mudahan masih semangat mencari rejeki di jalan ya 🙂 Kali ini MD ingin sedikit berbagi dan mencoba mencari solusi bagi rekan-rekan driver Grab yang akunnya dibekukan atau kena suspend.

Akun Grab yang terkena pembekuan tentu saja sangat menghambat kita dalam mencari rejeki. Karena dengan suspen atau pembekuan tersebut, jangankan untuk narik, meng-online-kan aplikasi drivernya saja sudah tidak bisa.

Ternyata tidak sedikit rekan driver Grab yang kena suspen akun tidak tahu penyebabnya atau bagaimana cara untuk mengatasi akun Grab dibekukan tersebut.

Oleh karena itu dengan kita akan bahas bersama agar bagi rekan semua yang masih aktif bisa terhindar dari terkena suspen akun. Selain itu, yang sudah terlanjur terkena pembekuan bisa berupaya mengambil tindakan sebagai jalan keluar agar (mudah-mudahan) bisa narik lagi.

Akun Grab Dibekukan

Ciri akun grab yang dibekukan cukup mudah dilihat ketika kita akan masuk ke aplikasi driver. Biasanya muncul pop up atau kotak peringatan berbunyi “Akan anda telah dibekukan. Silahkan klik Pusat Bantuan untuk bantuan lebih lanjut.

Nah, pertama kita cari tahu dulu apa sebetulnya yang menyebabkan akun Grab anda dibekukan. Berikut ini yang adalah sebab-sebab utamanya.

Penyebab Akun Grab Di-Suspend

1. Banyak atau Sering Meng-Cancel Order

Logo Cancel Order GrabIni adalah penyebab yang paling umum. Kenapa? seringya driver cancel orderan masuk bisa menyebabkan penurunan performa tingkat penyelesaian. Biasanya banyak alasan driver cancel atau menolak orderan masuk. Ada yang karena jaraknya kejauhan, atau penumpang bayar pakai promo dan lain-lain. Umumnya pilih-pilih order ini yang bikin boomerang sendiri.

Sedikit tips dan saran, jika anda tidak siap mengambil order misal karena sedang kecapean sehingga kuatir dapat order yang jauh-jauh. Lebih baik di-off-kan saja aplikasinya dan ambil istirahat sebentar atau libur seharian. Ini jauh lebih aman daripada pilih-pilih orderan. Toh, rejeki gak akan ke mana.

2. Rating Jelek atau Bintang Rendah

Rating Jelek Grab Driver bikin dibekukan
Rating Jelek

Ini murni soal attitude. MD di banyak tulisan sering menyebutkan, kita di taksi online atau ojek online ini adalah bisnis berbasis jasa. Jadi kualitas layanan wajib jadi prioritas utama.

Kita sebagai driver online harus secara langsung berhubungan dengan banyak orang. Kalau layanan kita jelek, sikap kurang bagus, bawa motor ugal-ugalan dan lain-lain, siap-siap deh banyak penumpang yang kasih rating jelek. Ujung-ujungnya, kena blacklist dan potensi akun Grabnya dibekukan.

Cara Mendapat Rating Bagus

Sedikit tips, rekan mitra driver Grab bisa mencoba melakukan antisipasi dan upaya agar rating anda tetap terjaga.

  • Pertama, jangan sekali-kali meminjamkan akun ke orang lain. Karena tidak ada jaminan orang tersebut bersikap baik kepada penumpang, meskipun orang tersebut teman sendiri. Selain itu, meminjamkan akun atau praktek driver tembah seperti ini dilarang oleh Grab.
  • Berkendaralah dengan aman, jangan sampai membahayakan penumpang (terutama driver GrabBike). Pastikan juga tertib di jalan dan patuhi rambu lalu lintas.
  • Senyum membuat orang lain nyaman. Oleh karena itu, jangan judes atau galak dan lainnya.
  • Pastikan helm untuk penumpang terawat. Tidak bau, kotor dan tetap nyaman dipakai.

3. Kendaraan Beda Dari Yang Tertera di Aplikasi

Plat Nomor Polisi Motor
Plat Nomor Polisi Motor

Penumpang bisa saja melaporkan anda ke Grab jika ternyata kendaraan yang dipakai narik beda dengan di aplikasi. Jika ini terjadi, maka anda dianggap melakukan pelanggaran terhadap aturan yang dibuat perusahaan.

Jika anda pernah mendengar istilah “Mysteri Shopper”, yaitu orang dari perusahaan yang “berpura-pura” jadi konsumen maka pasti di Grab pun ada yang seperti ini. Bisa saja penumpang yang anda bawa adalah orang lapangan Grab yang melakukan pengamatan, survey tentang layanan dari para mitra Grab.

Jadi, perlu sekali memastikan kendaraan sama dengan yang di daftarkan di aplikasi. Kalaupun anda ganti mobil atau ganti motor karena sudah beli lagi, sebaiknya ajukan penggantian motor atau mobil ke pihak Grab. Caranya? Silakan baca Cara Ganti Kendaraan Grab.

4. Penumpang Langganan

Hampir semua driver Grab tahu bahwa menerima order dari orang yang sama secara sering dan terus menerus memberi potensi terkena suspend akun. Kenapa? Karena sistem Grab sangat berhati-hati terhadap order palsu yang dibuat-buat untuk mengambil bonus insentif atau menaikan rating. Jadi hati-hati. Karena bukan tidak mungkin Grab bisa memberikan pembekuan akun atau bahkan putus mitra.

5. Melakukan Kecurangan

Aplikasi Tuyul Grab
Ilustrasi : Tuyul

Sudah bukan rahasia lagi di kalangan driver online bahwa ada banyak aplikasi-aplikasi tambahan yang sengaja dibuat untuk curang. Mulai dari Fake GPS, Aplikas MOD tambahan, aplikasi untuk nembak Grabaplikasi Tuyul dan istilah-istilah lain yang intinya adalah untuk tujuan mengakali sistem.

Ingat, meskipun anda bisa mengakali sistem Grab dengan aplikasi ini tapi Grab mempunyai programmer dan engineer yang melakukan update setiap saat. Jika sekarang anda aman dengan main tuyul, bisa jadi besok anda tidak bisa narik lagi karena akun Grab dibekukan.

Jadi sebaiknya main “aman” saja, karena jujur lebih baik. Dan lebih terjamin dalam mencari rejeki yang halal untuk keluarga.

Nah itu tadi adalah penyebab yang membuat akun Grab dibekukan. Sebisa mungkin hindari semuanya agar rekan driver bisa tetap narik dengan aman. Sedangkan yang sudah terlanjur atau kadung kena suspend, ada sedikit upaya yang bisa dilakukan untuk membuat akun anda aktif kembali.

Cara Buka Blokir Akun Grab Yang Kena Suspend

Mitra Grab yang akunnya diblokir atau dibekukan bisa meminta pihak Grab untuk melakukan peninjauan ulang. Caranya, gunakan halaman khusus permintaan peninjauan ulang suspend akun. Silakan klik di sini.

Formulir pengajuan buka blokir Akun Grab dibekukan
Formulir pengajuan buka blokir Akun Grab dibekukan

Setelah terbuka, isi semua kotak yang tersedia dengan data akun Grab anda secara lengkap dan benar. Khusus di kotak Deskripsi, sebaiknya jelaskan secara detil masalah yang anda hadapi. Anda bisa menceritakan sejelas-jelasnya, dan gunakan selalu bahasa yang baik dan sopan.

Klik Kirim ketika semua data dirasa benar.

Biasanya pihak Grab akan membalas atau menghubungi anda setelah pengajuan ini diterima dan dikaji oleh tim terkait. Grab akan memberikan arahan tindakan apa yang perlu dilakukan oleh mitra yang terkena pembekuan.

Jika pelanggaran yang anda lakukan masuk kategori ringan, atau suspend hanya berlaku sementara, hampir bisa dipastikan akun Grab anda bisa diaktifkan kembali. Namun jika akun Grab dibekukan permanen atau pelanggaran masuk kategori berat, kecil kemungkinan akun diaktifkan kembali.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi semua rekan Mitra Driver sehingga bisa terhindar dari pembekuan akun, atau bisa membuat upaya buka blokir ketika sudah terlanjur kena suspend.

Gambar Gravatar
Mitradriver.com adalah portal berbagi informasi bagi para driver online. Situs ini BUKAN SITUS RESMI Uber, Grab atau pun Gojek / Go-Car. Mari berbagi info di sini. Untuk keluhan, silakan hubungi langsung pihak terkait. Terima kasih